Jumat, 20 Juli 2012

mengatur jadwal kegiatan di bulan puasa ramadhan


Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..
Di bulan penuh barokah ini, ga ada salahnya buat kita untuk me-menage waktu kita supaya lebih tertata dan terstruktur(bicaranya udah kayak politisi aja). Kali ini saya akan memberikan contoh schedule saya di bulan ramadhan. Tanpa basa-basi lagi, langsung saja bradis(brader and sister), check it out!

03.00:    bangun. jgn lupa bangunkan yg lain jg. Supaya sahurnya lebih rame dan lebih asik.. dan dapat pahala juga J
Jgn lupa masak bradis(brader and sister)!  Ya iyalah. Itu hal wajib yg harus dilakukan buat sahur.  Kalau ga masak, ga ada makanan, kalau ga ada makanan, ya tepaksa sahur hanya dengan air putih.. hehe. Ngomong apa sih.
Hmm, buat kalian yang dimasakin sama mama kalian, berterima kasihlah sama mama kalian. Kalau saya sih ya mau tidak mau harus masak sendiri karena saya ga tinggal sama ortu alias ortu saya datangnya seminggu Cuma 2kali. Maklum, orang sibuk, haha.  tapi lumayanlah, saya tetap bersyukur karena mungkin diluar sana masih ada anak yang tinggal sangat jauh dari ortunya sampe-sampe ketemunya pas liburan doang(kasihan sekali). Kok malah jadi curhat sih?  Back to topic!

03.30:    usahain makanan udah masak ya bradis, supaya ga telat sahurnya.  Mungkin ada yang berpendapat, sahurnya pas dekat imsak aja supaya nanti ga lapar. Pendapat itu salah. Ustad YM mengatakankan bahwa kita jangan terburu-buru kalau sahur supaya makanannya bisa kita nikmati dan insyaAllah berkah (hhehe, barusan abis nonton ustad Yusuf mansyur di salah satu tv swasta)
Eits! Jangan langsung makan dulu bradis, biasakan cuci tangan terlebih dahulu biar bersih dan terbebas dari kuman(sok higyenis). Ingat bradis, kebersihan itu sebagian dari Iman. Habis cuci tangan, ambil makanan secukupnya saja, supaya ga mubazir nanti. Kalau masih mau nambahkan, bisa entar kalau makanannya udah habis. Tapi juga jangan ampe makan bunuh(makan ampe terlalu kenyang). Ingat bradis, makanlah sebelum lapar, berhentilah sebelum kenyang. Jangan maburako(serakah)!!
Jangan lupa baca doa niat puasa. That’s important!

03.45:    kalau saya sih, jam segini udah selesai makan biasanya. Sambil nunggu imsak, biasanya saya nonton acara tv yang biasa disiarkan pas bulan ramadhan. Saya paling suka nonton OVJ. Kalau bradis??

04.30:    waktunya shalat subuh.  Habis shalat subuh, jangan langsung tidur dulu ya bradis. Usahakan baca Al qur’an dulu. Nanti kalau fajar dah muncul, maksudnya matahari, baru deh tidur.

07.00:    kalau saya sih jam segini udah tergeletak di atas tempat tidur sampai jam 8.30. dan dilanjutkan dengan mandi, menonton tv, browsing, sms-an, ngerjain tugas sekolah, bersih-bersih dan lain sebagainya hingga pukul 11.00.

11.00:    sudah cukup bernostalgianya, sekarang saatnya read Qur’an sambil nunggu adzan dzuhur. Don’t forget to ambil wudhu dulu bradis.. wajib!
Abis shalat dzuhur, biasanya saya melanjutkan membaca Qur’an sambil nunggu adzan ashar tiba. Tapi terkadang juga saya ngantuk. So, saya sisipkan sebentar untuk sleep on the afternoon tapi juga ga lupa untuk menyetel alarm untuk membangunkan saya shalat ashar.

15.30:    abis shalat ashar, waktunya mandi!

16.00:    udah mandi, udah wangi, udah bersih, and than, time to cooking bradis! Ayo masak buat berbuka. Masaknya yang gampang-gampang aja. Nih saya kasi resep berbuka puasa ala miss sufi. Dicoba aja!
Hmm, mungkin ada diantara kalian yang tinggal nunggu masakan mama aja. Kalau bisa, jangan Cuma nunggu doang bradis. Ayo bantu mama kalian di dapur. Lumayankan, bisa nambah pengetahuan, nambah pahala, and tambah disayang mama.. hehe.

17.55:    buka puasa. Ingat bradis, jangan makan terlalu banyak. Kalau bisa, bukanya minum air dingin aja dulu. Supaya kita shalat maghrib dengan tepat waktu. Nanti abis shalat maghrib baru lanjut makan.
19.00:    siap-siap ke mesjid buat shalat isha and lanjut shalat tarawih+witir.
21.15:    pulang dari masjid ga usah singgah-singgah ya bradis.. langsung pulang ke rumah. “Bersinggah boleh saja, kalau ada perlunya” hehe. Kalau saya sih, abis pulang tarawih, saya sisihkan untuk nonton beberapa menit di rumah.
22.00:    saatnya tidur. Kalau bisa sih, jangan begadang bradis.. g baik juga buat kesehatan. Kalau bangunnya awal dari jadwal, bisa tuh disispkan buat shalat tahajjud.. lumayankan bradis buat nambah-nambah pahala kita di bulan barokah ini.. :)

Sekian jadwal schedule saya di bulan ramadhan.. semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi bradis-bradis sekalian..
Yang mau coppas boleh, asal jangan lupa cantumkan link saya yah..
mohon saran dan komentarnya ya bradis.. maklum, saya masih blogger pemula.. hehe..
terima kasih sudah mau berkunjung ke blog saya..
wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.. J


2 komentar: